Multi Level Marketing = TRAUMA

 
Gambar1_thumb1 Kenapa saya tulis demikian? Jawabannya karena banyak orang yang sudah menjalankan MLM tapi ngga ada hasil, cuman trauma doang. Kenapa?
Bahkan ada cerita (ini ceritanya benar lho) seorang pengusaha hotel di suatu daerah ........... pernah ditawari MLM dan jawabannya “ Saya trauma sama MLM”. Sewaktu dikejar dengan pertanyaan
“Traumanya Bapak kenapa? Emang sudah berapa MLM yang bapak telah jalani?” Tau jawabannya apa?
“Sama sekali saya belum pernah menjalankan bisnis MLM, tapi yang membuat saya trauma karena sudah banyak keluarga saya yang bangkrut, jatuh miskin dan ngga mendapat apa-apa dari bisnis MLM kecuali utang”.
Nah lo… orang yang belum masuk bisnis MLM saja sudah trauma ketika ditawari bisnis MLM, apalagi jika ditawarkan ke orang yang memang pernah menjalankan MLM hingga truma. Jadi gimana dong…??? Sehingga wajar jika bayak orang yang kemudian mem-pleset-kan MLM = Menipu Lewat Mulut, MLM= Malam Lewat Malam, MLM = Masuk Langsung Mati bahkan ada yang lebih sadis lagi yang menganggap MLM = MTM (Multi Tipu Marketing).
Sebelum berbicara lebih lanjut, kita harus tau dulu bahwa MLM itu emang bukan cara cepat untuk kaya. Tapi MLM itu adalah salah satu cara distribusi barang dalam dunia manufacturing (perdagangan). Jadi, secara garis besar hanya ada 2 (dua) metoda pendistribusian barang yaitu secara retail (konvensional) dan jaringan (MLM).
Ilustrasinya sebagai berikut:
Gambar2_thumb2
Barang yang diproduksi di pabrik akan melewati jalur distribusi yang panjang hingga sampai ke tangan konsumen (pemakai). Biaya terbesar yang dikeluarkan terserap ke proses distribusi dan promosi. Rata-rata perusahaan mengeluarkan biaya sebesar 50 – 60 % dari total omzet yang diharapkan.
Sedangka pada sistem jaringan (MLM) biaya tersebut (distribusi dan promosi) dijadikan keuntungan perusahaan dan bonus member. Gambarannya sebagai berikut:
Gambar3_thumb2
Untuk memudahkan pemahaman kita, kita ilustrasikan sebagai berikut:
Gambar4_thumb2
Apa kesimpulan yang bisa kita tarik dari kedua gambaran proses distribusi di atas?
* Distribusi & Promosi Produk di bisnis retail digantikan Perusahaan MLM & Member MLM di bisnis MLM
* Harga produk ke konsumen di bisnis retail dan bisnis MLM harus sama
Mudah-mudahan dengan penjelasan tersebut diatas, kita jadi mengetahui secara lebih jelas bahwa MLM itu memang bukan cara cepat untuk menjadi kaya, tapi hanyalah salah satu dari metoda pendistribusian barang di dunia manufacturer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar